Monday 16 November 2015

Mitos Tentang Kopi

Hey reader, pada tulisan kali ini mari kita bahas beberapa mitos seputar kopi yang mungkin sering kita dengar dan dibicarakan di lingkungan kita ya. Terlepas dari benar atau tidaknya, mari kita bahas;
  • Minum kopi bisa memicu stres
Faktanya, minum kopi justru bisa menghilangkan stres. Minum kopi akan membantu menahan produksi adenoisme yang karenanya mampu mengurangi stres dan punya stimulan alami agar tubuh lebih rileks serta berenergi loh.
  • Kafein yang ada dalam kopi menyebabkan insomnia
Dan faktanya justru kafein hanya bertahan sebentar dalam tubuh. Setelah dikonsumsi, kafein langsung diproduksi dalam hati dan kemudian 75% terbuang dari tubuh dalam waktu maksimal lima jam. Hemm, gimana benarnya ya?
  • Minum kopi bisa menyebabkan kanker
Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa tidak ada kaitannya antara kanker dengan kopi dan justru sebaliknya, kopi mempunyai kandungan antioksidan yang mampu memerangi kanker dan memperlambat proses penuaan. Jadi, fakta sebenarnya malah terbalik ya!
  • Minum kopi bisa menyebabkan osteoporosis
Faktanya adalah kopi memiliki kandungan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghindari pengapuran tulang (osteoporosis).
  • Bisa menyebabkan kemandulan
Tidak adanya bukti ilmiah yang mengatakan kalau minum kopi bisa menyebabkan kemandulan dan melahirkan bayi kurang gizi, jadi faktanya mitos ini belum benar.
  • Kafein adalah zat adiktif
Mitos ini mungkin bisa diperdebatkan. Namun ketergantungan kopi atau tidak, tetap tidak mempunyai efek samping seperti halnya seseorang ketergantungan alkohol atau narkoba. (dikutip dari berbagai sumber)

Nah reader, dari mitos tersebut dengan pembahasan faktanya, pasti membuat pengetahuanmu bertambahkan?

No comments:

Post a Comment