Friday 20 November 2015

Efek Begadang Sama Dengan Tidak Makan Sehat Selama 6 Bulan

Hei reader, berbicara soal sehat pastinya menjadi idaman semua orang. Jika ditanya ingin lebih sehat, tak lain jawaban dan anjurannya pasti makan yang teratur dengan memilih makanan yang bergizi dan rutin berolah raga. Tapi apakah kita sadar kalau pola tidur juga banyak berpengaruh?

Kenyataannya, sepertiga dari hidup kita dihabiskan untuk tidur. Artinnya, tidur pastinya punya peran penting dalam perwujudan hidup yang lebih baik dan sehat. Para peneliti di Los-Angeles membuktikannya. Mereka membandingkan antara efek kurang tidur dengan pilihan makanan tinggi lemak terhadap sensitivitas insulin dalam tubuh. Ketika sesitivitas insulin kita rendah, maka tubuh akan memompa insulin ke dalam darah yang akan menyebabkan diabetes tipe-2.

Dalam proses mendapatkan hasil, mereka mengukur sensitivitas insulin dalam dua kelompok anjing jantan. Satu kelompok anjing dianalisa setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak selama 6 bulan. Kelompok lainnya dianalisa setelah tidak tidur selama satu malam.

Ditemukan, satu malam kurang tidur menyebabkan penurunan sensitivitas insulin sebesar 33%. Sedang pada kelompok anjing yang mengonsumsi makanan tinggi lemak selama enam bulan panjang, sensitivitas insulin berkurang 21%. Artinya, kurang tidur selama 1 malam, lebih mungkin meningkatkan risiko diabtes ketimbang makan tinggi lemak selama 6 bulan.
"Studi kami menunjukkan bahwa satu malam kurang tidur dapat merugikan sensitivitas insulin layaknya mengonsumsi makanan tinggi lemak," kata Dr Josiane Broussard.

Penelitian ini menunjukkan pentingnya tidur yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit metabolik seperti obesitas dan diabetes.
Dr Caroline M. Apovian, juru bicara The Obesitas Society menanggapi, "Sangat penting bagi para praktisi kesehatan untuk menekankan pentingnya cukup tidur kepada pasien mereka. Banyak pasien memahami pentingnya diet seimbang, tetapi mereka belum memiliki pandangan yang jelas tentang bagaimana pola tidur bisa sangat mempengaruhi keseimbangan dalam tubuh."

Nah reader, dari ulasan tadi apakah pengetahuanmu bertambah?

No comments:

Post a Comment